Selasa, 15 November 2011

jogjaaa..jogjaaaa...jogjaaaa


28/07/11 pukul Jogjaaa..pagi ini untuk pertama kalinya gw nginjekkin kaki gw di jogja. (ambil semen kek artis hollywood bikin cap kaki) gaa laah rajin amat gw. Gw bertiga sama ajeng sama dino. Disana udeh ada cowo gw (ehem) si nugo. Doi dah duluan disana dah hampir 3 hari soalnya mau ikut test masuk stpn. Setelah nyampe banyak banget yang nyamperin ojeg mbak,ga makasi, taksi mbak, ga makasi, dst sumpah ga nyante. gw kira di jakarta doang begitu. Ternyata sama aja terminal dimana-mana. Trus karena gw baru pertama kali ke sana gw telpon sodara gw yng kebetula kuliah disana. ‘a,ayu udah nyampe ni di terminal’ ‘yaah a lagi mau ada kuliah pagi, ayu naik taksi aja yaa tawar taksinya yg paling murah tar a kasih alamat hotelnya yg paling murah dimana’ ‘ooh oke’. Yaudah di sms dah gw alamatnya. Si ajeng diem aja, dah bete kali dia. Ada bapak-bapak yg ngikutin kita mulu, ‘mau naik taksi mba? Tar dianter sampe hotel yg dituju. Hotelnya dimana??’ ‘meneketejreng’ kata gw dalem ati. Gw ngabarin si nugo kalo gw udah nyampe disana trus doi minta jemput di mana tuh yak gw lupa. Haduu ni orang ga tau diri apa gimana si?? Harusnya kan doi yang jemput gw.

Yaudah kita sewa taksi, dino yng nego harga. Setelah kita dapet harga yg pas. Gw nunjukkin alamat yg dikasih ama sodara gw, ‘maaf mbak saya kurang tau alamat itu, kayaknya jauh yaa dari sini ??’ ‘laaaaaaaaaaaahhhhh...pinter banget si lu bang masa nanya ama gw’. Dah tuh gw diem aja, sidino yg ngajak ngomong si mr.taxi itu. Kita dianter ke salah satu hotel yg si mr.taxi tau itu yg paling murah. Ga cocok. Yaudah gw bilang jemput si nugo dulu ke alamat yg di smsin dia. Dalem ati, awas aja lu sampe ga tau juga brenti aja deh lu jadi mr.taxi (ga nyante). Ternyata doi tau (selamat deh lu), ada si nugo udah nunggu di pinggir jalan. Gw manggil doi, pas doi masuk sumpah doi doang yang paling wangi diantara kita (makin cinte aje eyke hihihi) maklum kita kan semaleman di bus, mandi terkahir kalo ga salah kemaren sorenyah (kalo ga salah?). didalem nugo ngasih alamat hotel yg beda dari alamat yga dikash sodara gw. Si mr.taxi juga gatau itu dimana. Rrrggggh,brenti aja deh lo gausah jadi supir !! (ga nyante). Btw namanya si mr.taxi itu si supri doi ternyata seangkatan ama kita jadinya kita manggil nama aja gapake mas. Setelah muter-muter dan nanya-nanya ke orang-orang ketemu dah di hotel yg si nugo maksud.

Hmm ini hotel kelas berapa  yak?? Ga sesuai ama bayangan gw sih, abis gapernah nginep dihotel. Gw taunya hotel itu kek twin palza hotel, ciputra hotel, taman anggrek. (Wailah bisa tidur ga bisa pulang gw kalo kek gitu mah). Lumaya laah ada ac nya, deket lagi dari malioboro. Tadinya si dino maunginep di kostan temennya tp gajadi temennya lagi mudik ke jakarte. Kita check in satu kamar, abis nurunin barang si dino tukeran no hp ternyata ama sisupri. (curiga gw,sepanjang perjalanan mereka akrab banget si ngobrolnya). Kita pesen 1 kamar. Hemat beib. Satu kasur pula. Lah gw bingung tidurnya??. Akhirnya posisi sedemikian rupa diatur supaya tidurnya tidak menjadi pitnah hihihi.

Setelah beres-beres, mandi sama rebahan bentar. Dino ngajakin jalan-jalan. Doi mau beli titipan bokapnya, batik buat seragam. Yowes kita cabut, nyewa 2 becak trus kita bilang mau nyari batik seragam itu. ‘oia mas saya tau tempatnya..’ waah enak deh gausah repot-repoy nunjukkin alamat lagi kalo gitu kata gw dalem ati. Ngikut aja kita mah, eh dibawa ketempat galeri batik. Pliss deh pak bukan ini. Gw diem aja dah daripada terjadi keributan. Huuuu. Yaa ga mungkinlah kita beli disini ini kan bukan tempat beli bahan batiiiikk.. yaudah setelah liat-liat berbagai macam lukisan dan karya seni batik. Kita mau pergi, tp ternyata (lagi) bukan ketempat batik tapi ke keraton dulu. Hmm yasudahlah. Masuk dengan bayar tiket Cuma 2000/org (kalo gasalah gw lupa), murah trus kita dianter sama tour guide buat keliling di keraton. Saat itu suasananya ga begitu rame, sepi malah. Kita keliling sambil dijelasin sejarah sama tour guide nya, yg ngedengerin sama si dino doang. Hehe. Maaf yaa pak disekolah aja saya ngantuk denger sejarah, ka ga lucu kalo saya tidur disini. 

Setelah keliling keraton kita berangkat lagi kali ini ga nyari batik tapi nyari makaan. Sumpah laper juga yaa. Akhirnya kita makan di warung makan gudeg. Gw kira murah ternyata sama aja -_-‘. Oke lanjut ke toko dagadu, gw sama ajeng mau beli hadiah buat si kaka yg kemaren ultah. Kata si goyas beliin aja kaos dagadu. Yauda kita pilih yg warna pink pake gambar wayang, bayar ga pake nawar. Setelah itu kali ini benar-benar ketempat batik. Panas banget sumpah gw ga boong, panasnya sampe pusing kepala gw. Setelah nyampe dino milih-milih batiknya gw sama ajeng sama nugo Cuma mengiyakan atau mentidakkan pilihan dia aja. (masih mabok ama panas). Trus karena ga tahan udah pusing+ngantuk juga, mereka pada nyaranin pulang duluan ke hotel gw ama si nugo. Tp gw ga enak kasian ajeng juga pasti capek banget. Setelah meyakinkan gw, akhirnya gw pulang duluan ama si nugo naek becak. Sumpah ya karena udah tua si yaa tukang becaknya jadi gw ngerasa antara jalan kaki sama naek becak lebih cepet jalan kaki. Si nugo gw suruh tukeran ama abang becaknya ga mau dia. Yaeyalah. Pas gw nyampe hotel, lah gataunya malah si ajeng ama dino duluan yg nyampe. Tuhkan perasaan gw bener, emang tu becak lama jalannya. Akhirnya kita tertidur juga siang itu, dan memutuskan untuk jalan-jalan lagi setelah shalat ashar.

Setelah shalat ashar, cuci muka pake bedak ama lipgloss dikit (gapake mandi) kita berangkat jalan-jalan lagi. Naek becak lagi, sebenernya gw udah ilfeel ama tukang becak. Kita ke tempat pusat pembuatan dan penjualan bakpia. Dino katanya mau beli oleh-oleh buat orang rumahnya. Si doi kejar setoran soalnya besok pagi-pagi dia mesti ballik lagi ke jakarta naek pesawat buat yudisium. Kasian sii pasti capek, tp itu dah keputusan dia sendiri kok. Udah gede pasti udah ngerti. Ditempat itu ga Cuma bakpia yg dijual tp berbagai macem kue, keripik dan kerupuk buat oleh-oleh. Tempatnya kecil tapi rame banget. ‘kita mah besok aja yaa kalo mau beli’ kata ajeng, gw mengiyakan. Setelah selesai beli, kita cabut lagi kali ini menuju malioboro. Soalnya udah malem sii, malioboro doang yg masih rame ampe malem gini.

Sampe di malioboro, kita misah gw sama nugo, ajeng sama dino. Abisnya setiap gw mau ngajak jalan si ajeng, pasti langsung di tarik ama dino. Kenapa sih dia?? Yaudah misah aja deh. Si nugo mau beliin daster batik buat nyokapnya, gw Cuma bantuin milih. Setelah milih-milih, akhirnya dapet yg menurut gw bagus. Mudah-mudahan ukurannya muat. Hihi. Saat lagi keliling malioboro sodara gw yg disini nelpon gw. ‘halo, ayu lagi dimana??’ ‘di malioboro a’ ‘oo a lagi dibenteng nii, nnti kesini yaa’ ‘ooia, dimana tuh?’ ‘itu dari malioboro lurus aja paling ujung setelah jam dinding besar’ ‘oo oke’. Setelah itu gw bilang sama nugo mau nemuin sodara gw di benteng. Dia juga bilang sodaranya juga lagi disini, tp ga tau dimananya. Akhirnya setelah berkumpul lagi berempat, gw bilang ada sodara gw di benteng. Setelah di benteng gw ketemu ama sodara gw, setelah gw kenalin gw ditinggal ngobrol berdua doang sama sodara gw. Doi bawa temen, temennya lagi beli kopi di tukang kopi keliling si dino juga mau. Setelah mesen 2 gelas kopi, si dino ga langsung beranjak dari tukang kopi dia malah asyik ngobrol sama tukang kopi sama temennya sodara gw. Setelah berbicang-bincang singkat antara gw sama sodara gw, doi pamit karena besok masih ada kulian pagi. Pas gw temuin temen-temen gw, Cuma ada si nugo. ‘ajeng sama dino mana??’ ‘ajeng tuh, dino tuuuh’ astagaaa, ternyata si dino masih ngobrol aja ama si tukang kopi, ampuun daah si ajeng juga malah menyendiri gitu. Gw samperin malah ngelak mulu. Dih kenapa sih ni anak?? Bete sama gw apa? Kata gw dalem ati. Setelah gw panggil si dino berkali-kali akhirnya dia selesai juga ngobrolnya, tp sempet aja lagi tukeran no hp. Ckckcckc.

Setelah itu ajeng bilang pengen ke ketep alun-alun selatan, itu loh yg ada pohon beringinnya 2 yg gede-gede. Katanya yang bisa ngelewatin diantara 2 pohon itu sambil menutup mata, keinginannya bakal di kabulin. Percaya ga percaya sii. Yang penting have fun aja. Posisi kita mash di alun-alun utara, kita mau ke alun-alun selatannya jalan kaki. What?? Oke gw emang ilfeel sama tukang becak. Tapi jalan kaki?/ omaigot jauh bener itu. Akhirnya gw makan wedang ronde dulu, buat ngisi tenaga. Haha ga ngaruh sii tp lumayanlaah belom pernah nyoba juga. Mirip sama sekoteng tp ada bedanya sii, campurannya gw juga gatau apaan aja itu. Di alun-alun utara rame juga lagi ada panggung wayang golek. Gw paling takut nnton wayang golek, konon katanya kalo nontn wayang harus sampe abis kalo ga nnti wayangnya ngikutin sampe rumah. Hiii. Mending ga usah nonton dah. Setlah habis makan wedang ronde kita berancuut ke alun-alun selatan. Dan beneran jalan kaki.

‘jauh banget yaa bray, kaki gw pada sakit’ ngeluuh aja gw sepanjang perjalanan. Si ajeng kenapa sii dia kalo deketin ngehindar mulu. Nnti aja deh gw tanyanya soalnya kalo gw ajak becanda masih bisa ketawa. Pas nyampe di pohon beringin itu. Waktu menunjukkan pukul 10.00 wktu jogjaa. Disana rameeee banget, lebih rame dari yg diutara. Semua 1 tujuan ke situ, mau nyoba lewatin pohon beringin. Disana juga ada penyewaan sepeda tandem, yg lucu-lucu dihiasi lampu yg bebentuk macem-macem ada doraemon, spongebob, kupu-kupu dll.

Mulai nyoba pohon beringin, nugo sama dino yg pertama. Mata mereka ditutup, gw sama ajeng Cuma ngiringin takut nabrak orang. Maklum rame banget booow. Setelah nyoba ternyata mereka berhasil. Giliran gw sama ajeng, tadinya gw ga minat tp dipaksa, sayang katanya udah jauh-jauh masa ga nyoba. Kata gw dalem ati ‘bukannya gitu, iya kalo berhasil kalo ga kan malu’. Mata gw ditutup dan gw coba jalan, trus teruuss teruuuuss. Sampe selesai, yak gw berhasil ajeng engga tp sebenernya gw ngintp dikit hehehe. Akhirnya gw disuruh ngulang huuu. Pas gw ngulang ajeng juga ngulang. Gw belok kekiriii mulu, ajeng ke kanaan mulu. Dasar, otaknya ga ada yg lurus. Karena penasaran gagal mulu, nugo sama dino nyoba lagi. Eh mereka mah berhasil lagi. Sial. Katanya yg mereka rasain tuh gelaap banget, gw juga sama kan matanya ditutup. ‘bukan begitu oon’ pala gw ditepak. Katanya kayak ada yg lewat ato ada yg nuuntun gitu, gw juga ga ngerti. Gw sama ajeng ga ngerasain apa-apa. Setelah cape nyoba ga berhasil mulu, (ampe 3 kali gw nyoba ga ada yg bener) kita mau naek sepeda. Setelah milih sepeda dan nego harga kita naik yg bentuknya doraemon yg kayak lagi kena aids. Abisnya ga lucu si, sebagai penggemar doraemon si ajeng protes ‘emang ga ada yg laen apa?’ ‘ga ada jeeng, tar kali aja ada yg udahan baru kita tuker lagi’ kata gw.

Abis keliling sepedahan, kita mau balik ke hotel saat itu waktu menunjukkan pukul 11.30. pulang jalan kaki lagi, katanya deket. Kita belom makan malem, dino mau beli magelangan. ‘eh lu pada mau ga?’ ‘lu beli apa?’ kata gw ‘ini magelangan’ ‘apa cuuh?’ ‘nasi ama mie digoreng campur’ ‘ooo ga deh, ga laper’ baru gw ngomong gitu sinugo, ‘mau din 1 aja..’ laah ga kompak. Yasudah gw sama nugo jalan duluan sambil nyari minum. Gw keliling warung pada tutup semua, ga ada minimart juga. Cuma ada restoran yg masih buka. ‘ah masa beli disini, gaenak beli minum doang ga pake makanannya’. Akhirnya gw ke hotel ga bawa minum, gw sms ajeng bilang gw ga dapet minum. Pas mereka nyampe di hotel, gw lgi dikamar mandi si ajeng marah-marah ama si nugo. ‘gimana si??? Disuruh nyari minum aja pada males banget, ni gw dapet’ kata ajeng sambil emosi, sumpah doi lagi ga banget saat itu. Nugo Cuma diem aja, dino lagi berusaha nenangin ajeng. Gw keluar dari kamar mandi ‘apaan si??’ ‘ni gw dapet minum, ga nyari si lu’ ‘dih enak ajaa, gw udah keliling warung gada yg buka Cuma ada restoran doang’ ‘nii gw beli di restoran’ kata ajeng, ‘lah gw kira gabisa beli disitu, gaenak kan Cuma beli minum doang gapake makanannya’ kata gw. Setelah debat kecil, akhirnya kita makan tau tuh si nugo nemu sendok dimana. Pertama kalinya gw makan magelangan, lumayan daripada gw kelaperan pas tidur. Abis makan, shalat isya, tidur deh. Besok pagi-pagi kita harus nganter dino ke bandara. Sumpah gw aja capek banget, apalagi dia yaa?? Kasian dino pasti berat banget tuh buat pulang. Yaeyalah. Oke kita tidur, besok keliling lagiii JJ

4 komentar:

  1. wah ane baru tau cerita selengkapnyah nih,,, ahahahah seru boneng kayaknyah :D
    itu si Dino niat banget sumpah, keknya tiket pesawat kaga murah dah,, salut bok..
    masi penasaran neng ajeng sewot knapah yahhh???? apakah gara2 dino mau pulang, atau karena ayu nyuekin ajeng, atau ajeng cemburu pada tukang kupi... mari kita tunggu part selanjutnyahh #eaa

    BalasHapus
  2. ngakak baca komen qeboo.
    LOL.
    iya penasaran. ;p

    BalasHapus
  3. udah ada lagi tuh lanjutannya tp sory yaa ga pake gambar, dan ceritanya gw bikin sesimpel mungkin biar ga ngebosenin hehe

    BalasHapus